Senin 20 May 2024 10:31 WIB

UCI Mountain Bike Eliminator Cup 2024 di Kalteng Dongkrak Ekonomi Daerah

UCI Mountain Bike Eliminator Cup digelar ketiga kalinya di Kalteng.

Red: Nora Azizah
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir dalam kejuaraan dunia balap sepeda gunung atau UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup 2024, di Halaman Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Ahad (19/5/2024).
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir dalam kejuaraan dunia balap sepeda gunung atau UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup 2024, di Halaman Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Ahad (19/5/2024).

REKALIMANTAN.COM,  PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir dalam kejuaraan dunia balap sepeda gunung atau UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup 2024, di Halaman Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Ahad (19/5/2024). Ia mengatakan, kejuaraan dunia yang diikuti oleh para pembalap mancanegara tersebut sudah tiga kali diadakan di Kota Palangka Raya, Kalteng. 

"Kami berupaya melakukan perubahan-perubahan agar seluruh dunia mengenal Provinsi Kalimantan Tengah, yang merupakan bagian dari negara Indonesia," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (20/5/2024).

Baca Juga

Ia menyebutkan, event UCI MTB Eliminator Cup 2024 ini meningkatkan pergerakan eknomi di Kalteng. 

"Kita harapkan UMKM kita bisa lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kita harapkan mereka bisa mengenal budaya kita, karena budaya kita juga sudah hampir mirip dengan Bali," imbuhnya. 

Ia juga berharap ke depannya Provinsi Kalteng bisa mendapatkan kepercayaan kembali sebagai tuan rumah di event UCI MTB Eliminator Cup tahun depan. 

photo
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran hadir dalam kejuaraan dunia balap sepeda gunung atau UCI Mountain Bike (MTB) Eliminator Cup 2024, di Halaman Stadion Tuah Pahoe Palangka Raya, Ahad (19/5/2024). - (Dok. Pemprov Kalteng)
 

"Mudahan lewat event ini, Kota Palangka Raya bisa terus bergerak melakukan perbaikan dari kekurangan yang ada, dan masyarakat Kota Palangka Raya bisa lebih suka hidup bersih dan disiplin seperti masyarakat Singapore," katanya. 

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengatakan, event UCI MTB tahun 2024 ini menjadi momentum yang sangat penting terutama bagi masyarakat Kalteng yang menggemari olahraga sepeda, selain sebagai event memperebutkan kejuaraan kelas dunia namun juga dapat memperkenalkan Provinsi Kalteng ke mancanegara.

"Kita harapkan event UCI MTB Eliminator Cup 2024 serta Festival Budaya Isen Mulang menjadi ajang memperkenalkan kekayaan budaya Provinsi Kalimantan Tengah kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, dan sekaligus menjadi momen kebangkitan perekonomian melalui UMKM di Provinsi Kalimantan Tengah," ujarnya, saat menghadiri acara Ramah Tamah dan Jamuan Santap Malam bersama Riders UCI MTB Elimination Cup 2024, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Ahad (19/5/2024). 

Sebagai informasi, kejuaraan dunia UCI MTB Eliminator Cup 2024 diikuti 43 peserta dari berbagai negara, di antaranya ada dari Indonesia yang mengirim tujuh atlet laki-laki dan satu atlet perempuan. Untuk kategori Laki-laki, juara I diraih oleh L Brown (Australia), juara II diraih oleh R Bin Lukman (Singapore), juara III diraih oleh T Hauser (Austria), dan juara IV diraih oleh L Serres (Prancis). 

Sementara, untuk kategori Perempuan, juara I diraih oleh D De Vries (Belanda), juara II diraih oleh M Boissiere (Prancis), juara III diraih oleh D Vipavee (Thailand), dan juara IV diraih oleh A Chapa Lloret (Spanyol). 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement