Rabu 13 Mar 2024 18:30 WIB

Ruas Jalan Trans Kalimantan Banjir, Distribusi Pasokan Pangan Dipastikan Aman

Pasokan bahan pangan dari Kalimantan Selatan ke Palangka Raya aman.

Red: Nora Azizah
Seorang warga mengendarai sepeda melewati banjir di Jalan Anoi, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Auliya Rahman
Seorang warga mengendarai sepeda melewati banjir di Jalan Anoi, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

REKALIMANTAN.COM,  PALANGKA RAYA -- Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menyebutkan, pasokan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah setempat selama Ramadhan aman meski ruas jalan Trans Kalimantan ada yang terendam banjir.

"Pasokan bahan pangan dari Kalimantan Selatan ke Palangka Raya aman walaupun ada satu titik ruas jalan Trans Kalimantan terendam banjir dan tidak terlalu dalam," kata Sekretaris DPKUKMP Kota Palangka Raya Hadriansyah di Palangka Raya, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga

Dia menuturkan, untuk kebutuhan pangan selama Bulan Ramadhan dipastikan aman hingga Hari Raya Idul Fitri. Hanya saja terkait harga bahan pokok di pasaran memang terjadi kenaikan. Namun, kenaikan yang terjadi tidak terlalu signifikan dan masih di angka kenaikan yang wajar. Apalagi di bulan Ramadhan seperti sekarang permintaan masyarakat terkait bahan pangan cukup tinggi.

"Wajar saja kalau ada kenaikan harga bahan pangan di pasar tradisional di Bulan Ramadhan seperti sekarang ini, hanya saja kenaikan harga pangan masih dalam kategori yang wajar," katanya.

Hadriansyah yang akrab disapa Adaw itu mengungkapkan penyebab kenaikan harga bahan pangan itu juga lantaran masyarakat melakukan kegiatan seperti buka puasa bersama di setiap masjid, perkantoran serta kegiatan sosial lainnya. Adanya kegiatan tersebut membuat kenaikan harga pangan hanya saja hal-hal seperti itu tidak terlalu berpengaruh ke masyarakat. Yang terpenting adalah kebutuhan bahan pangan di pasaran tetap ada dan mudah didapatkan.

"Pemantauan harga pangan di pasar DPKUKMP Palangka Raya melalui Bidang Perdagangan terus dilakukan seminggu dua kali. Hal itu untuk mengetahui pergerakan harga pangan di pasar baik sebelum maupun sesudah Bulan Ramadhan," katanya.

Sementara itu harga bahan pangan di Pasar Besar Kota Palangka Raya harga bawang merah masih berada di harga Rp 35 ribu per kilogram sejak Jumat lalu. Sedangkan harga cabai saat ini berada di angka Rp 80 per kilogram dan tidak ada kenaikan sejak beberapa hari sebelum Ramadhan. Daging ayam broiler berada di harga Rp38 ribu per kilogram sebelumnya juga tetap di harga yang sama.

Terakhir harga daging sapi murni sebelum Ramadhan sampai hari ini kini berada di harga Rp 135 ribu per kilogram.

sumber : ANTARA
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement