Senin 08 Jan 2024 23:06 WIB

Bandara Singkawang akan Segera Dibuka

Sampai saat ini pembangunan bandara Singkawang terus berproses.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (keempat kiri) memotong pagar pintu masuk ke kawasan lahan pembangunan bandara Singkawang.
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly (keempat kiri) memotong pagar pintu masuk ke kawasan lahan pembangunan bandara Singkawang.

REKALIMANTAN.COM,  PONTIANAK -- Pj Wali Kota Singkawang Sumastro optimistis bandara Singkawang yang saat ini sedang dibangun akan bisa segera diresmikan oleh pemerintah pusat pada awal tahun ini.

"Sampai saat ini pembangunan bandara Singkawang terus berproses seiring dengan perkembangan pembangunan yang didukung oleh berbagai stakeholder dan donatur serta komitmen dari seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Singkawang. Bandar Udara Kota Singkawang ini dapat terwujud dan segera diresmikan oleh pemerintah pusat di awal 2024 ini," kata Sumastro di Singkawang, Senin (8/1/8024). 

Baca Juga

Dirinya berharap Pemerintah Pusat akan dapat segera mewujudkan bandara Kota Singkawang ini yang akan beroperasi pada awal 2024 ini.

Dia mengatakan, sejak peninjauan terakhir kali yang dilakukannya pada akhir Oktober lalu, sampai saat ini telah banyak percepatan pembangunan yang dilakukan mulai dari sisi darat maupun udara.

"Warga masyarakat Kota Singkawang yang saya cintai, dan yang terus memperhatikan progres bandar udara Singkawang yang betul-betul sedang dalam proses pekerjaan. Setelah pada 21 Oktober 2023, saya melihat bagaimana percepatan pembangunan yang sangat luar biasa," katanya.

Dari sisi darat, Sumastro menyebut pengerjaan gedung terminal terus berjalan lancar dan informasinya akan selesai pada 24 Januari mendatang. Sedangkan pada sisi udara, target penyelesaian perpanjangan Runway 600 meter diperkirakan akan rampung lebih cepat yakni pada 20 Januari sedangkan untuk pemasangan marka/rambu akan selesai pada 23 Januari 2024.

"Inilah bagian dari spirit Kota Singkawang yang ingin betul-betul kedepannya menjadi bagian dari kebanggaan Indonesia dan menjadi pusat pertumbuhan di kawasan utara Kalimantan Barat," katanya.

Sumastro meyakini, dengan hadirnya bandara ini nanti akan semakin mudah menghubungkan Kota Singkawang dengan Kota-Kota besar di Indonesia terutama Jakarta.

"Dan rute yang kita harapkan bisa menghubungkan Kota Singkawang dengan kota-kota besar di Indonesia khususnya Jakarta. Bahkan tadi saya melihat space ruangan untuk layanan internasional juga sudah disediakan," kata Sumastro.

Sumastro berpesan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Singkawang, untuk senantiasa mendukung dan mendoakan agar pembangunan bandara ini dapat berjalan lancar dan selalu menyambut perubahan dan kemajuan yang terjadi di Kota Singkawang dengan penuh damai dan toleransi.

"Mohon dukungan dan doa dari semua elemen masyarakat, bersama-sama menyambut perubahan demi perubahan dengan damai dan toleransi demi kemajuan yang akan kita lihat di kemudian hari," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement