Selasa 21 Sep 2021 16:36 WIB

Strategi GM Atasi Cacat Baterai pada Kendaraan Listrik

Ada 12 laporan kebakaran Bolt beberapa waktu lalu yang menyebabkan cedera.

Chevrolet Bolt
Foto: Carscoops
Chevrolet Bolt

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan mobil AS General Motors (GM) melakukan langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi cacat baterai pada kendaraan listrik Chevrolet Bolt EV. Sebelumnya, ada 12 laporan kebakaran Bolt beberapa waktu lalu yang menyebabkan cedera.

Untuk memastikan Bolt EV ke depan lebih aman dikendarai, GM menetapkan rencana tindakan yang mencakup perbaikan perangkat keras dan perangkat lunak. 

Baca Juga

Untuk diketahui, masalah cacat baterai pada Bolt EV telah memicu insiden kebakaran. Insiden ini memaksa GM menarik kembali dari peredaran (recall) sedikitnya 140.000 Bolt EV untuk diperbaiki.

"Kami berterima kasih atas kesabaran pemilik dan diler saat kami bekerja untuk memajukan solusi penarikan ini," kata Doug Parks, wakil presiden eksekutif GM untuk pengembangan produk, pembelian, dan rantai pasokan, dalam pernyataan resmi, dikutip Selasa (21/9).

Langkah pertama GM adalah melanjutkan produksi modul baterai. GM akan terus bekerja secara agresif dengan LG untuk mendapatkan pasokan baterai tambahan.

"Selain itu, kami optimis perangkat lunak diagnostik canggih yang baru akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi pelanggan kami," tambah Doug Parks.

GM mengatakan bahwa pabrik baterai LG di Holland dan Hazel Park, Michigan, telah kembali berproduksi. Selain itu, LG menambahkan kapasitas untuk menyediakan lebih banyak sel untuk GM. Dengan begitu, modul baterai pengganti untuk Bolt akan mulai dikirimkan ke diler segera pada pertengahan Oktober.

Cacat manufaktur

Akar penyebab keadaan langka yang dapat menyebabkan kebakaran baterai adalah dua cacat manufaktur yang dikenal sebagai anoda robek dan pemisah terlipat. Keduanya harus ada dalam sel baterai yang sama.

LG telah menerapkan proses manufaktur baru dan telah bekerja dengan GM untuk meninjau dan meningkatkan program jaminan kualitas untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. LG akan melembagakan proses baru ini di fasilitas lain yang akan menyediakan sel untuk GM di masa depan.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement